NGONTRAK, Setelah Menikah

Assalamuallaikum,,,
Tiap pasangan yang telah menikah, pasti ingin hidup mandiri,,,
Gak tergantung sama orangtua
Jadi biar bisa merasakan perjuangan bersama dan membangun rumah tangga berdua
*eaaa


Salah satu cara yang dilakukan oleh pasangan yang telah menikah untuk bisa hidup mandiri
adalah dengan cara NGONTRAK...
Tentu beda rasanya ngontrak berdua bersama pasangan dibandingkan satu rumah ngikut orang tua
Jelas ada kelebihan dan kekuarangnya yah ngontrak tu
Kelebihnnya, misal kalo ngontrak kita lebih lelusa ngatur manajeman waktu didalam rumah
Dan tentu saat ngontrak pikiran kita ditempa untuk menjadi lebih dewasa dan lebih kuat karena harus melalakukan aktivtias apa apa berdua tanpa bantuan orang tua.
Dan mulai memikirakan kebutuhan hidup yang harus dipenuhi dan harus diperjuangan
Walau pada kenyataan orangtua masti tetap membantu anaknya dalam hal berumah tangga
Apalagi untuk pasangan yang baru menikah
Ohh...iyaa yang mau ngeliat acara pernikhan aku boleh kesini yah ehhe >> Wedding Zaqi dan Dwi


Memutuskan untuk menikah, itu berarti tidak membebankan orangtua lagi
Yess,,harus bisa mandiri
Bagiku ini saatnya kita tumbuh makin dewasa dan berjuang bersama pasangan untuk menaklukkan dunia dan mengejar syurga..Aamiin
Selain itu, memutuskan untuk menikah, dan hidup berpisah tak serumah dengan orangtua ini juga merupakan cara membahagiakan orangtua.
Yess tentu ini  cara yang berbeda
Walau tidak serumah lagi dengan orang tua, InsyaAllah tetap bisa berbakti kepada orangtua





Diusia pernikahan ke 3bulan
Aku dan suami memutuskan untuk NGONTRAK
Tadi-tadinya aku kepikiran untuk KPR
Tapi ternyata, Alhamdulillah aku masih diingeitn sama mas ARLI KURNIA yang aku lihat video-videonya di Youtube,
Aku bahas disini sendikit yah hehe dari ilmunya mas ARLI KURNIA yang aku dapat

Apa itu KPR?
KPR ( Kredit Permilikian Rumah),
Kredit yang digunakan untuk membeli rumah atau untuk kebutuhan konsumtif lainnya dengan jaminan atau agunan berupa rumah * wikiepdia.org
Jadi, Secara sederhana,  KPR itu kayak kita beli rumah tapi dengan cara dicicil

Terus kenapa gak boleh KPR? 
Ya gak boleh...kan riba
Yess sayang, riba bukan melulu tentang bank konvensional yah
Beli kendaraan dengan cara mencicil itu juga riba loh,,
(misal kayak yang sekarang banyak kan lesing motor, kredit motor dengan dp murah,dll).
Kalo belum mampu beli, ya tahan dulu,
Jangan memaksakan kemampuan untuk membeli barang dengan cara ngutang.

Ya tapi kan Mending KPR, sekalian nyicil, 
Nanti akhirnya rumah itu jadi milik kita, daripada cuma ngontrak? 
Etssss.. Ntar dlu nih
Jangan kemana mana dulu nih, apalagi ampe pindah chanel ehehe
Tunggu dulu!!! Anda belum menghitung bunganya
Jika memaksakan diri membeli rumah dengan cara KPR maka nanti uang kita tersedot banyak untuk membayar bunga

Jadi mending ngontrak dulu aja yah ketimbang maksaain buat KPR?
Iya,, bener gitu
Betulbetulbetul
Karena rumah itu dibangun bukan diangsur
Ya syukur-syukur bisa beli langsung rumah secara lunas
Atau dapet bantuan dari orangtua dibuatin rumah.
Alhamdulillah

Kan ada KPR Syariah? 
Kan ada KPR yang bersubsidi ? 
Terus kalo ngontrak, kapan punya rumahnyaa???
Pertanyaan seperti ini sebaiknnya aku serahkan sama ahlinya,
Kalo dibahas disini bakal kurang panjang dan kurang ngena
Bukan kapasitasku bahas ini secara panjang, aku juga masih belajar
Yang jelas aku gak mau KPR, dan manteb buat ngontarak dulu aja...
Monggo cari jawaban lebih rinci silahkan ke YOUTUBE :  ARLI KURNIA


Setelah melihat video itu,
Aku manteb, ngontrak aja dulu
Untuk menghindari dosa riba tentunya
Nah,, aku dan suami mulai deh cari-cari kontrakan berdua
Kurang lebih selama 3mingguan aku muter-muter keliling Metro cari kontrakan ,
Akhirnya ketemu deh sama kontrakan yang pas yang sesuai dengan aku dan suamiku inginkan
Kontrakan ini  direkomandikan sama abah ( ayahnya suamiku)
Dan setelah aku lihat, aku sreg dan aku suka
Dan akhirnya kami berdua pilih kontrakan ini sebagai tempat tinggal kami berdua untuk hidup mandiri.
Usut punya usut hihi,
Kontrakan ini masih satu jalan sama konrakan suamiku zaman dulu waktu suamiku masih kecil
Jadi kalo lewat jalan atau depan rumah kontrakan suami zaman dulu masih kecil
Jadi Flaschabck gitu deh hihi


Oh, iya
Disini aku mau berbagi tips buat temen-temen yang sudah menikah, dan ingin cari kontrakan
Oke,, ini dia tips mencari kontrakan ala Dwi Lestari

1. DEKAT DENGAN MASJID
Nah,, yang ini request paling penting dari suami
Harus deket Masjid
Buat temen-temen muslim yang cari kontrakan, carilah yang deket dengan Masjid
BACA : Hukum Shalat Berjamaah di Masjid


2. PUNYA TETANGGA
Nah,, ini penting nih, kita kudu punya tetangga,
Seengaknya jangan mepet atau nyempil menyendiri gitu kontrakannya hihi
Jadi harus punya tetangga yah, biar gak kesepian sepian amat


3. BERSIH
Yang wajib buat akuu nih, bersih
Karena kalo engak bersih ya gak nyaman dan gak sehat tentunya
Cari kontrakan yang lingkungannya bersih, terus bangunanya juga bersih
Yaaa tapi aku juga bukan berarti tipekal yang super higenis gitu si
Aku suka yang bersih dan hal-hal yang tertata rapi gak berantakan
Aku gak suka yang membres-membres
Jadi salah satu hal terpenting saat mencari kontrakan aku pilih kontrakan yang bersih

4. AIR
Masalah ari nih yang pokok juga
Air bersih harus selalu ngalir, jangan sampe keabisan air
Dan air selokan juga harus diperhatikan pembuanganny kemana
Dan pastikan alir mengalir dengan baik gak tersumbat yah


5. LISTRIK
Kalo ini, kontrakan harus ada listrik yang sendiri-sendiri bayarnya
Maksudnya gak bareng-bareng gituu
Takut terjadi komflik, kan nantinya
Selain itu juga kita bisa ngatur penggunaan listrik agar tetap bisa hemat

6. SAMPAH
Soal sampah ini juga engak kalah penting, sebagai seorang muslim kita gak boleh jorok yah
Sampah harus dibuang pada tempatnya, gak boleh buang sampah sembarangan
Kalo dikontrakan aku ini, sampanhnya ada yang ngangkutin
Jadi tiap bulan bayar gitu, ya kayak dikota-kota pada umumnya

7. ATAP RUMAH
Untuk atap yang adem  no bocor -bocor pokoknya hihi
Pilih atap yang gentengnya dari tanah liat yah, InsyaAllah adem dan bikin betah
Apalagi aku yang lagi hamil gini, yang suka sumpek dan kepanasan jadi kudu pilih rumah kontrakan yang gak panas dan adem


8. GAK BISING
Jangan pilih kontrakan yang letaknya dipinggir jalan besar atau jalan utama yang lalu lintasnya rame
Karena ini bakalan bising yang bisa menganggu aktivita skita
Karena ketenangan itu penting loh
Dan aku tipekalnya orang yang suka sama ketenangan,
Jadi aku pilih konrakan yang gak bising gak banyak kendaraan lewat hihi


Yuppp,,itu tadi tips mencari kontrakan ala Dwi Lestari
Okee,,aku mau mulai lanjut cerita lagi yah,
Aku pindahan, kamis malam  29 NOVEMBER 2018
dan Setelah selesai pindahaan barang-barang sampai dikontrakan aku dan suami langsung tidur dikonrakan baru hihi
MasyaAllah hari pertama ngontrak seneng banget dehh,,
Sayang banget pas pindahan gak aku foto-fotoin yah hehe
Dan mulai deh paginya, aku mulai beraksi bebebersan, nata-natain barang perabotan
Alhamdulillahnya, perabotan yang dulu aku beli saat masih gadis, kayak perobat IKEA dan barang-barang yang aku beli setelah menikah sama suami bisa dibilang sudah lengkap
Jadi pas kita persaiapan untuk pindahan ke kontrakan,
Tinggal beli perabotan yang kurang-kurang aja
Ibu dan umi juga ikut bantuin serta kasih barang-barang perabotan
MasyaAllah seneng banget deh rasanyaa

Foto-Foto didalam Rumah Kontrakan yang aku tata sesimpel mungkin hihi

RUANG TAMU
Lesehan pake ambal hii ditambah 2bantan yang aku beli waktu ngekost di Bandung
Foto Nikahan aku dan suami aku pajang tepat diatas diruang tamu
Moga kalo udah punya rejeki lebih, bisa beli sofa dan meja  untuk disini hehe
Untuk horden aku pilih polos warna abu 

 JAM DINDING 
Simpel hitam putih, sesuai konsep minimalis 

RUANG KERJA
Meja kerja yang jarang rapi ehehe
Rapinya kalo udah malam aja, kalo udah mau tidur baru dirapiin
Sengaja aku pilih perabotan putih-putih biar terlihat luas dan bersih

BUKU BACAAN DAN KACA
 Buku-Buku aku yang aku susun di Rak LEARBEG yang aku beli di IKEA 
dan dirak paling atas aku kasih tanaman hijau biar kelihat seger 
2 KAMAR
 Jadi kontrakan aku ini, punya dua kamar
1 Kamar untuk aku dan suamiku tidur 
1 Kamar untuk aku kerja sekaligus untuk ruang pesolatan  
DWIBCC
Ini dagangan aku,, hihihi 
Ini display dwibcc aku nyimpen produk-produk dan barang-barang dwibcc disini 
Akuuu biarkan terbuka aja gini hehe  
Sapa tau kan kalo ada tamu, nanti sambil liat-liat dan bisa beli Aamiin 


PESOLATAN
Nah, ini Ruang Pesolatan yang aku bilang, 
Dengan karpet bulu warna pink yang gak terlalu lebar, 

Kalo ditanya gimana rasanya ngontrak
Ya seneng, tapi ada sedihnya
Sedihnya sering ngerasa sepi,
Alhamdulillah ada dwibcc kesibukanku bekerja,
Jadi aku sangat menikmati aktivtias berkerja dirumah kontrakan
Bekerja didalam rumah dengan suasana tenang dan nyaman
Tapi InsyaAllah nanti kalo udah ada anak pasti gak kesepian lagi hehe
Aamiin

Yuppp,,demikian ceritaku tentang ngontrak, Setelah menikah
Harapakannya,  ngontrak ini sementara
2 atau 3 tahun kemudian bisa keluar dari kontrakan ini dan punya rumah sendiri
Membangun rumah sesuai konsep dan keinginan aku dan suami..Aamiin
Jadi bisa tinggal dirumah milik sendiri bersama saumikuu dan anak-anak kami Aamiin
Buat temen-temen yang juga lagi ngontrak
Semangat yah
Terus berusaha dan berdoa
Semoga Allah selalu memberikan rahmat dan barakah kepada keluarga dan rumah tangga kita
Aamiin

0 komentar:

Posting Komentar

Mauu komentar ? silahkan :D
Maaf jika ada penulisan kata yang kurang jelas hihi kadang suka typo
Jika ada kesalahan dalam postingan, silahkan kasih komentar dan saran yah hihi
Terimakasih banyak :)