Bagaimana cara berdakwah dengan media perdagangan ? by:likeislam

 

Pertama ada niatan berdakwah didalam berdagang, biasanya orang yang memiliki niatan mulia dalam berdagang itu memiliki kemudahan dalam menjalankan kegiatannya. Niat berdagang baiknya selain untuk menambah keuntungan pribadi, niatkan juga untuk menjadi berguna bagi orang lain.


Kedua, tekuni salah satu bidang perdagangan yang terbaik menurut kemampuan dan keahlian diri kita, dizaman sekarang ini ada berbagai pilihan profesi yang menunjang disektor bisnis, ada pelaku perdagangan, karyawan, konsultan, investor, dan distributor. Tekuni sampai kita sukses didalam bidang yang kita pilih. Kalau menurut saya orang-orang yang berada pada profesi perdagangan pada umumnya cepat sukses, jika mengalami hal sebaliknya (gagal) maka perlu diintrospeksi kembali lagi bagaimana kinerjanya dan niatannya didalam kegiatan berdagangnya.


Ketiga, didalam kegiatan perdagangan yaitu setiap mendapat pelanggan l, contohkan tutur kata, perilaku dan sikap yang baik kepada mereka.

Keempat, setelah sukses besar jadilah seorang tokoh yang benar-benar mengabdi bagi kepentingan agama, masyarakat dan negara, dengan demikian kita menjadi panutan dan tuntunan bagi orang lain yang belum sukses dan juga tentunya orang-orang sukses lainnya (karena orang yang sukses biasanya omongannya lebih didengar).


Kelima, tetaplah sederhana, ingat orang yang kaya itu bukan hanya sekedar dilihat dari pendapatan yang dihasilkan tetapi juga dilihat dari pengeluaran rutin yang dikeluarkannya. Lalu, seberapa besar kemampuan dirinya untuk membagi yang diperolehnya untuk orang lain yang lebih membutuhkannya dari pada kita ? Seperti saya sendiri mempunyai prinsip, bahwa apa-apa yang saya dapatkan sesungguhnya bukan 100% hak dari hasil kerja keras saya sendiri, namun ada sekitar 25% hak orang yang lebih membutuhkan.

Coba baca buku tentang perjalanan hidup Rasul (Sirah Nabawiyah) disitu jelas bagaimana dakwah juga dilakukan dengan teknik-teknik berdagang, buku yang bagus dan lengkap saya rasa adalah buku karya Muhammad Syafei Antonio dalam bukunya Muhammad SAW The Super Leader Super Manager, disitu lengkap menjelaskan kehidupan Rasul dari memimpin diri sendiri, berdagang, berperang, berdakwah, menyusun hukum dll. Satu lagi saya rasa seluruh kaum muslim sahabat-sahabat Rasul terdahulu adalah orang-orang kaya karena perdagangan, sambil berdagang mereka berdakwah didalam setiap transaksinya, setelah kaya mereka juga masih berdakwah dengan sedekah dan menjadi panutan. Lantas tidak salah pula jika kita mencontoh hal-hal seperti itu.


“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi, agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” (QS. Faathir: 29-30)

 

 

by :


0 komentar:

Posting Komentar

Mauu komentar ? silahkan :D
Maaf jika ada penulisan kata yang kurang jelas hihi kadang suka typo
Jika ada kesalahan dalam postingan, silahkan kasih komentar dan saran yah hihi
Terimakasih banyak :)