HIJABOGRAPHIC









Hijabgraphic, 
Creative Community by Muslimah Indonesia
When Muslimah Meet Creativity
feel free to post your artwork/photowork/comicstrip/etc

Email           : hijabographic@gmail.com
Instagram    : hijabographic 
Web             : www.hijabographic.com
Twitter          : @hijabographic
Tumblr         : hijabographic.tumblr.com
*langsunng klik aja itu link aktif langsung masuk ke media sosialnya :D

Alhamdulillah bisa wawancara dengan salah satu pendiri Hijaborgic ^^ 
Via Email :)
Lansung aja dahhh ini adalah hasil wawancaraku dengan kak Riza Sativianti atau yang lebih dikenal dimedia sosial Oryza Sativa.
Okeee berikut ini adalah dialoq wawancaranya :D 
Murniiii no edit *editwarnatulisanajadeng:D


Ceritain Sejarah hijabographic yah kak ? 
Boleh2. Jadi awalnya Hijabographic itu aq bentuk bersama 2 orang sahabatku (Ragillia dan Hestiya) sebagai wadah untuk menshare karya2 dakwah visual kita. Pertama kali kita buat akun twitter, fanpage fb dan tumblr pada bulan November 2012. Campaign utamanya adalah dakwah visual menutup aurat/hijab. Niat awal sebenernya untuk menshare karya2 kami saja namun banyak permintaan teman2 artist muslimah lain yang ingin menyumbangkan karya. Selanjutnya kami memutuskan Hijabographic menjadi sebuah komunitas kreatif muslimah, sehingga antar muslimah yang menshare karya dapat berinteraksi dan bikin kegiatan seru2 bareng di dunia dakwah kreatif. Jadi buat kita, Hijabographic semacam laboratorium ide para muslimah untuk berkarya. Sebuah manifesto diri untuk berkontribusi memberikan kebermanfaatan dengan potensi yang dimiliki.

Kenapa namanyanya hijabograhic?
Karena misi utama berkampanye menutup aurat dalam wujud visual dakwah. Hijab yang mewakili misi utama tadi digabungkan dengan graphic yang mewakili komunikasi visual berupa media gambar. Jadilah Hijabographic.


Siapa aja yang ngediriin?

Pendirinya aq sendiri, Riza Sativianti @oryza25. Hestia Petrina @hestiyaaa, dan Ragillia Rachmayuni @ragilliarach. Background pendidikan aq dan Hesti satu jurusan di Desain Interior Itenas 2006, Ragillia di jurusan DKV Itenas 2006. 




Kalo pengen gabung gimana caranya?
Caranya gampang sekali. Syaratnya harus muslimah dan berhijab. Mengirimkan satu karya ke email hijabographic@gmail.com dan otomatis sudah terdaftar menjadi Hijabograpers 

Kegiatan apa aja di hijabographic?? Apa ada event rutin bulanan/tahunan?
Kegiatan kita terbagi menjadi kegiatan online dan offline. Kalau online kita ada program DailyArtwork, Challenge Online, mengelola media Hijabographic (membuat tulisan di website Hijabographic) dan mengelola Hijaboshop untuk fundraising komunitas. Di Offline setiap bulan sekali ada kumpul HijaboCrew (pengurus Hijabographic), HijaboGath (Gathering Hijabograpers dengan artist muslimah yang ahli di bidangnya), HijaboClass (Kelas/workshop di tema2 kreatif tertentu). Kadang bikin gathering sekedar nonton pameran bareng2 atau dateng ke event kreatif bareng2 ;D
 
Bascame hijabographic ? Kalo yang dari luar kota pengen ikut gmna kak??
Kalau basecamp jujurly kita belum punya basecamp hihihi. Karena temen2 HijaboCrew yang mencar2, ada yang di Jakarta, Tangerang, Bogor dan Depok. Kalau mau ketemuan biasanya kita janjian mau ke rumah si A atau gantian ke daerah si B. Do’ain yah taun depan kita udah punya basecamp tetap. Untuk saat ini yang di luar kota belum ada cabang yang menggerakkan , harapannya sih ada jadi virus Hijabo nular juga di luar2 kota. Yang di luar kota dan pengen ikutan caranya dengan mengirimkan karya dan akan kita ajak kolaborasi karya bila kita mengadakan acara2 online dan offline.

Dengan adanya komunitas hijabographic harapannya apa kak?

Harapannya semoga Hijabographic bisa berperan menyebarkan syiar islam khususnya hijab yang dapat diterima masyarakat. Selain itu semoga dengan adanya Hijabographic dapat menjadi sarana sinergi dan silaturahim muslimah2 kreatif di seluruh Indonesia. Kita pengen bilang ke seluruh dunia, ada loh para muslimah2 kreatif dengan hijabnya gak membatasi dirinya untuk berkarya. Karena kita percaya, art can do for ummah that minbar can’t.
 
Dan ini adalah animasi yang dibuat oleh komunitas Hijabographic ^^
Boleh di save :D buat sebagai pengingat, penyemangat, dan penyejuk hati *eaaaa









Doa berbuka puasa yang shahih ^^








Thanks Hijabographic :)



0 komentar:

Posting Komentar

Mauu komentar ? silahkan :D
Maaf jika ada penulisan kata yang kurang jelas hihi kadang suka typo
Jika ada kesalahan dalam postingan, silahkan kasih komentar dan saran yah hihi
Terimakasih banyak :)