Aku Ingin Hijrah


Assalamuallaikum....
Muslimah, ini certiaku beberapa tahun yang lalu saat aku ingin hijrah
Dalam hatiku aku punya keingin yg mengebu tapi rasnya akut akut dan bingung
Hatiku mengatakan "Aku ingin hijrah"
Tapi aku tidak tau harus memulai darimana
Tapi aku takut respon dari orang-orang yang ada disekitarku
Tapi aku belum punya keberaninan yang cukup
Aku benar benar bingung,
Tapi Aku Ingin Hijrah
Apakah muslimah sekarang ini meraskaan hal yang sama seperti itu ?



Yukk,  Simak dulu yuk penjelasan tentang Hijrah,
Penjelasan ini aku ambil dari bukunya kak Aldila Dharma Wijaya ( Founder Berani Berhijah)
yang berjudul Jangan Pernah Menyerah,
HIJRAH
 adalah berpindah,dari satu tempat menuju ke tempat yang lain.
kata Hijrah berasal dari bahasa Arab yang berarti meninggalkan, menjauhkan diri, dan berpindah tempat. Keluar dari "darul kufur" memuju "darul Islam"
keluar dari kekufuran  menuju keimanan,
keluar dari keburukan menuju kebaikan
keluar dari kegelapan meunju cahaya
keluar dari keterpurukN menuju keberhasilan
keluar dari kemaksiatan menuju kemaslahatan
Seseorang dikatakan hijrah jika telah memenuhi 2syarat, yaitu ada sesuatu yang ditinggalkan, Ada sesuatu yang menjadi tujuan
hijrah dari kebodohan menuju kecerdasan
hijrah dari kemalasan menuju kerja keras
hijrah dari keterbatasan menuju keleluasaan
hijrah dari kemamsiatan menuju keselamatan
hijrah dari keragu-raguan menuju kepastian
hijrah dari cinta dunia menuju rindu akhirat

Kata kunci dari hijrah adalah "perubahan"
Ketika engkau tidak mengetahui hatus memulai dari mana untuk memperbaiki diri maka mulailah untuk memperbaiki shalatmu

Yuppp itu tadi kutipan yang aku ambil dari beberapa point-point tentang Hijrah dari buku Jangan Pernah Menyerah
okeee jadi pada intinya hijrahitu perpindahan/perubahan dari yang tidak baik menuju baik.
Perubahan apa aja si setelah kita hirjah??
Nah berikut ini beberapa perubahan yang terjadi setelah kita Hijrah,

1. PAKAIAN
dari yang belum menutup aurat/ belum berhijah syari >> menutup aurat dengan hijab syari 
Untuk muslimah otomatis pakaian yang dipake jadi berubah yg tadinya belum pake hijab atau hanya memakai pake celana,baju ketat, kerudung tidak menutup dada, langsung dehh setelah hijrah pake hijrah  syari (gamis kerudug simpel menutup aurat sesuai aturan-Nya)
Akuu pernah posting gambar nihh tentang hal ini di Hijrah Ke Hijab Syari

2.TEMAN
dari teman yang itu itu aja >> dipertemukan dengan teman shalihah
Saat sebelum hijrah mungkin teman yang kita miliki ya hanya itu-itu aja, bahkan mungkin ada teman yang secara engak sadar engak baik untuk kita, Nah tapi setelah hijrah 
pasti akan dipertemukan dengan temen-teman shalihat, Allah akan mendatangkan atau mempertemukan teman shalihat.

3. BUKU
baca buku cuma buku pelajaran >> nambah koleksi  buku-buku tentang agama
kalo dulu mah sebelum hijrah bukunya cuma buku pelajaran itu pun engak banyak, atau buku-buku yang tentang romantika cinta kurang bermanfaat yahh, ( ehh tapi yang ini aku gak punya ding) ,   Nah setelah hijrah  mulai baca buku buku tentang agama Islam
Saat hijrah buku yang kita miliki pun juga ikutan hijrah :)

4. KEGIATAN
tadinya banyak kegiatan hal2 gk pentig - setelah hijrah meninglkan kegiatan tidak penting
Kegiatan yang engak penting misalnya seperti : nongrong dikafe, maen engak jelas,
Seltah hijrah meninglkan kegiatan atau kebiasaan yang dulu, terus merubah kegiatan dengan yang lebih penting misalnya : Baca Buku, Menghadiiri majelis ilmu,

5.PERILAKU
yang tadinya tidak baik - menuju baik
Setelah hijrah, otomatis perilaku tidak baik seidkit demi sedikit akan ditinggalkan dan dignatikan dengna perilaku yang baik, ( menuju baik )
Semangat perbaikan perilaku yah :)

6. Status
pacaran - jomblo mulia
Pacaran itu semacam hal yang wajar, padahal engak boleh lohh ini, Agama Islam melarang pacaran, Pacaran yang boleh itu setelah menikah.
Nah kalo yang aku alamai saat hijrah otmatis status kita berubah to yooo, yang tadinya pacaran menjadi jomblo mulia :)
Menjadi diri untuk berbuat maksiat saat pacaran, menjaga diri sampai akhirnya dipertemukan dengan jodoh yang dipilihkan Allah 

7. Uang
Pengeluaran uang digunakan untuk jajan/maen/belanja gak penting >> mengenal shadaqah, nabung,
Uang digunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat atau foya-foya, dan membelanjakan secara boros mementingkan keinginan semata, wahhh gak boleh yaaah ini
Terus boro boro dulu mikirin shadaqah, uang sendiri aja serasa kurang terus yakkk
Nah setelah hijrah, uangnya digunakan sebaik mungkin untuk dijalan Allah
Gunakan uang seperlunya, sesuai kebutuhan. Shadaqahkan uangmu :)

8. Ibadah Sunnah
yang tadinya gk pernah melakukan ibadah sunnah >> setelah hijrah mulai mengamlakan shalat tahajud,shalat duha, solat rawatib, dan lain-lain
Awalnya mungkin berat karena belum terbiasa, tapi lama kelamaan terbiasa,
Karena sunah itu tidak hanya tidak dilakukan tidak apa-apa dilakukan mendapat pahala, tapi sunah itu hukumnya dianjurkan,
Semangat terus ya ibadah sunnahnya :)
*nyemangatindirisendiriyangseringlalai




Yuppp ituuu tadi beberapa perubahan setelah hijrah, dan masih ada banyak lagi perubahan-perbuhan positif setelah kita hijrah
Yuk muslimah jangan takut untuk hijrah,
Saatnya melangkah dan berdoa
"Ya Allah, Aku Ingin Hijrah, mudhkanla..."
Aamiin

2 komentar:

  1. assalamualaikum teh mau tanya gmn ya caranya bisa meluruskan niat untuk bisa hijrah diman lingkungan aku kurang mendukung untuk bisa istiqomah

    BalasHapus
  2. Kak, aku bener2 jauh dari Allah. Beberapa tahun belakang aku masih jauh dari kata sadar. Tapi emang ada niatan untuk hijrah, cuman ya lupa lagi aja terus. Tapi ketika tau apa itu kiamat, dan tanda2nya semakin banyak. Aku jadi makin bener2 pengen hijrah. Tapi ya itu, bisa dibilang kalo aku hijrah, berarti harus berubah total dong ya? Aku gatau harus mulai dari mana, dan gimana respon lingkungan dan sosial aku disini? Soalnya jauh dari kata baik dan mendukung :( dan, apa salah gak sih klo aku baru hijrah karena takut sama hari akhir itu? :'(

    BalasHapus

Mauu komentar ? silahkan :D
Maaf jika ada penulisan kata yang kurang jelas hihi kadang suka typo
Jika ada kesalahan dalam postingan, silahkan kasih komentar dan saran yah hihi
Terimakasih banyak :)