Kaki Muslimah Adalah Aurat by:likeislam


Kaki muslimah adalah aurat


Aurat wanita menurut jumhur (mayoritas) ulama adalah seluruh tubuhnya kecuali wajah dan telapak tangan, seperti salah satu dalil yang diambil dari surat (Al-Ahzab : 59) maksud ayat :
“Hai Nabi katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mu’min: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.” Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”


Demikian pula salah satu dalil yang bersumber dari hadits yang diriwayatkan dari 'Aisyah Radhiallahu 'Anha, maksud hadits :
Asma’ binti Abu Bakar pernah menemui Rasulullah shallallahu‘alaihi wasallam dengan memakai pakaian yang tipis. Maka Rasulullah shallallahu‘alaihi wasallam pun berpaling darinya dan bersabda, “wahai Asma’, sesungguhnya seorang wanita itu jika sudah haidh (sudah baligh), tidak boleh terlihat dari dirinya kecuali ini dan ini”, beliau menunjuk wajahnya dan kedua telapak tangannya. (HR. Abu Daud 4140)
Dari pendapat jumhur ulama ini maka seluruh tubuh termasuk kaki adalah aurat yang wajib ditutupi dan tidak boleh terlihat oleh laki-laki ajnabi/ bukan mahram.



Walaupun kadang ada pendapat "siapa juga sih yang mau ngeliat kaki kita? Udah sampai dibawah begitu" atau "kerudung udah lebar sama baju udah longgar, kaki kan ketutupan juga"....... pendapat seperti ini tidak bisa merubah kedudukan bahwa kaki adalah AURAT wanita. Dilihat atau tidak, hendaknya wanita menyempurnakan menutup auratnya dengan juga menutup kakinya.


Repost dari akun Like Islam- Instagram 


0 komentar:

Posting Komentar

Mauu komentar ? silahkan :D
Maaf jika ada penulisan kata yang kurang jelas hihi kadang suka typo
Jika ada kesalahan dalam postingan, silahkan kasih komentar dan saran yah hihi
Terimakasih banyak :)