Apa Itu Tabarruj ?


Assalamuallaikum Muslimah :)
Sudah penah mendengar atau membaca atau tau tentang TABARRUJ???
Jikaa belum simakkk yah, hihi
Kalo udah pernah juga simakkk juga yah, hihi
Nahh, kali ini aku mau bahas tentang Tabarruj
Apa itu Tabarruj???

Dikutip dari buku Yuk Berhijab :

 
Seorang muslimah dilarang mendandani diri dengan pakaian ataupun berhias dengan sesuatu yang dapat menarik perhatian lelaki Muslim. Syariat menyebut perilaku semisal dengan nama TabarruJ (berhias yang berlebihan).

Untuk lebih memahami Tabarruj, mari kita teliti dulu ayat berikut:

"dan jangalah kamu ber-tabarruj dengan tabarruj jahiliyyah terdahulu (Q.S Al-Ahzab [33]:33)

"dan perempuan-perempuan tua yang telah terhenti (dari haid dan mengandung) yang tiada ingn nikah (lagi), tiadalah atas mereka dosa menanggalkan pakaian luar (jilbab) mereka degan tidak (bermaksud) ber-tabarruj. Dan berlaku sopan adalah lebih baik bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. (Q.S Al-Nur [24]:60)

 Imam Ibn Katsir dalam tafsirnya menukili pendapat Qatadah yang menyampaikan bahwa yang dimaksud tabarruj adalah " Saat Muslimah keluar dari rumah mereka, lalu mereka berjalan berlengak-lenggok (hingga lelaki memperhatikannya) dan menggoda"

Imam Mujahid bahkan menegaskan bahwa yang dimaksud tabarruj jahiliyyah adalah "Ketika seorang Muslimah berjalan di tengah-tengah kerumunan lelaki"

Ibn Manzhur dalam Lisanul Arab mendefinisikan tabarruj sebagai wanita yang memamerkan keindahan dan perhiasannya kepada lelaki.


Sedangkan ayat yang kedua, adalah sebuah indikasi kebolehan bagi wanita tua yang sudah menopause untuk menanggalkan pakaian (maksudnya pakaian luat atau jilbab) dengan maksud tidak ber-tabarruj (memamerkan keindahan dan perhiasan) ini bermaksud, bila yang sudah tua saja tetap tidak dibolehkan ber-tabarruj, apalgi yang masih muda.

Tabarruj adalah segala perbuatan wanita yang menarik perhatian lelaki, Baik diniatkan ataupun tidak.

Nyatalah dari kedua ayat ini bahwa tabarruj adalah sesuatu hal yang dilarang secara pasti dalam Islam. Tentu sebagai Muslimah, haruslah memperhatikan hal-hal semisal ini.

Karena itu tabarruj ini bisa terjadi dengan dandanan  wajah bisa pula dengan menggunakan parfum atau mengenakan pakaian yang bercorak mentereng bertingkah genit dan menggod lelaki dengan ucapan ataupun gaya jalan atau mengenakan hijab yang tidak sempurna (semisal ketat, transparan, atau menyikap sebagian aurat yang harusnya tertutup)

InsyaAllah dilanjutkan penjelasannya pada artikel selanjutnya :)



0 komentar:

Posting Komentar

Mauu komentar ? silahkan :D
Maaf jika ada penulisan kata yang kurang jelas hihi kadang suka typo
Jika ada kesalahan dalam postingan, silahkan kasih komentar dan saran yah hihi
Terimakasih banyak :)